Cara membuat septictank yang benar

 

Di kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat septictank yang benar dan awet.
Mungkin sudah banyak yang bisa membuat septictank, tapi apakah cara anda sudah benar dan septictank anda tahan lama.
Nah bagi belum tahu bisa simak artikel saya ini, siapa tahu bisa bermanfaat untuk anda.
Membuat septictank itu tidak harus dalam-dalam.
Mungkin di fikiran anda membuat septictank yang dalam dan lebar itu bisa tahan lama/awet.
Padahal itu cara yang TIDAK BENAR.
Berikut cara membuat septictank yang benar agar tahan lama.
yang terpenting siapkan dulu lokasi yang ingin anda buat untuk septictank, lalu buatlah septictank dengan ukuran kedalamannya maksimal 1,5meter.
mengapa maksimal kedalaman hanya 1,5meter ?
Nah inilah kuncinya, karena kalau terlalu dalam septictank anda bukannya awet tapi bisa-bisa septictank anda malah cepat penuh.
Karena kalau terlalu dalam bisa-bisa keluar sumber mata air, hal ini sering terjadi di daerah yang sering terkena banjir.
Selanjutnya untuk lebar septictank terserah anda dan tergantung lokasi yang tersedia, bisa 1,5meter, 2meter atau lebih lebar juga malah lebih bagus.
Setelah itu anda bisa memasang dinding septictank dengan bis beton atau bata dengan aduk’an pasir dan semen, tapi untuk dasar septictank di usahakan jangan di cor, biarkan saja dasar septictank seperti semula, karena berguna agar air bisa meresap ke bawah, mau kemana air meresap bila dinding septictank dan dasar septictank tertutup rapat.
masak keatas ? emangnya pancuran hehe…
jangan lupa tutup atas septictank dengan cor yang rapat agar air hujan tidak bisa masuk kedalam septictank, karena bisa membuat septictank anda cepat penuh.
Selanjutnya buat tutup septictank dengan dop+pralon agar anda mudah untuk mengecek septictank sudah penuh atau belum, dan memudahkan kalau anda ingin menguras wc/septictank anda.
etssss jangan lupa juga ya di atas septictank di pasang lubang angin-angin, ya anda buat saja dari pipa besi atau pralon ukuran 1 atau 2 inch, itu berguna agar bau kotoran di septictank tidak keluar dari closed anda, terutama saat anda menyiram closed maka bau tersebut akan keluar dari closed bila tidak anda pasang lubang angin-angin dan juga bisa memperlambat jalannya air dari closed ke septictank.
Jadi intinya membuat septictank itu nggak perlu besar-besar, karena belum tentu septictank yang besar itu bisa awet bertahun-tahun.

Sekian semoga bermanfaat.

 Cam Atkinson Jersey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *